Pembuatan perencanaan Bisnis Plan





      Bisnis plan merupakan rancangan utama pelaksanaan sebuah usaha bisnis secara menyeluruh tentang semua apa yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha bisnis.

Yang terpenting dalam pembuatan business plan dan yang harus dijelaskan dalam penyusunannya : 

1. Gambaran bisnis yang anda minati secara umum,
     > latar belakang
     > visi dan misi
      Dalam sebuah bisnis perlu dijelaskan dan di sampaikan secara jelas dan terperinci mengenai jenis usaha yang dilakukan dan yang melatarbelakangi anda dalam pembuatan bisnis tersebut serta visi misi kedepanya bagaimana.

2. Pendeskripsian produk dan layanan
Business plan juga harus bisa mendeskripsikan atau memberi gambaran tentang produk yang akan di hasilkan dan bagaimana bentuk pelayanannya yang nantinya akan Anda berikan kepada para konsumen bisnis anda. Disini Anda di tuntut untuk meberikan kejelasan terutama tantang produk apa saja yang ada dan yang akan anda pasarkan. Didalam uraianya juga sebaiknya anda menampilkan model dari bisnis yang anda rancang serta sistim apa yang anda pakai dalam mengembangkan bisnis anda tersebut.

3. Strategi marketing dan rencana
Business plan harus bisa merencanakan strategi yang akan anda jalankan terhadap perusahaan anda nantinya. Sebuah usaha yang baik adalah bagaimana mengerti peran penting marketing didalam kemajuan dan keberlangsungan jangka panjang usaha yang anda kelola dan sekaligus mungkin yang anda pimpin.

4. Rencana operasional
Rencana ini memuat bagaimana gambaran pelaksanaan detail usaha yang anda kelola. Dimulai dari apa yang mensuplai bisnis anda sampai tahapan bagaimana nantinya cara yang di lakukan untuk selalu mendapatkan bahan baku serta sumber bisnis anda.

5. Personal manajemen
personal manajemen di dalam sebuah bisnis plan dapat meliputi pengelolaan struktur kepengurusan maupun organisasi, serta bagaimana sistim pengelolaan sumberdaya manusia yang selalu meningkatkan mutu dan kualitas yang di miliki oleh perusahan anda. Serta bagaimana upaya atau cara yang dapat dilakukan untuk menambah skil dan pengetahuan karyawan anda nantinya. Sehingga dengan harapan besar usaha yang anda kelola berkembang pesat dan maju seiring dengan kemajuan global dan mampu bersaing.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer