MENCARI ISTRI IDAMAN



Memilih seorang istri yang baik dan idaman menjadi faktor paling penting akan terciptanya hubungan keluarga yang langgeng dan rukun. 
Rasulullah SAW bersabda:
“Cewek itu dinikahi atas 4 perkara, yaitu: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, atau karena agamanya. Akan tetapi, pilihlah berdasarkan agamanya agar dirimu selamat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
1. Taat Beragama

Al Quran dan Hadits adalah 2 hal yang wajib untuk dijadikan pegangan hidup. Mentaati hukum-hukum yang telah ditetapkan dalam syariah sekaligus akan menunjukan kalau ia kelak akan menaati suami. Agama Islam telah menetapkan suami sebagai orang kedua setelah Tuhan untuk ditaati, selagi tidak berseberangan dengan perintah Allah Taala dan larangan-Nya.

2. Cantik

 Kecantikan wajah sifatnya relatif. Yang penting bisa membuat suaminya merasa senang dan tertarik akan semangat untuk bersama-sama membangun rumah tangga yang sakinah dan warahmah. Tanpa rasa senang dan terpikat sulit akan tercipta kemesraan dan keintiman dalam hidup berumah tangga. Oleh karena itu, laki-laki yang hendak memilih seorang perempuan sebagai calon istrinya harus bertanya kepada dirinya sendiri apakah hatinya benar-benar merasa senang dan terpikat kepada perempuan tersebut atau tidak. Jujurlah menghayati perasaan sendiri dalam memperhatikan fisik perempuan yang diinginkan.

3. Keturunan Baik-Baik

Memilih istri yang berasal dari keturunan baik-baik dan bertakwa. Bila berasal dari keluarga yang tidak peduli dengan agama, misalnya suka meninggalkan shalat 5 waktu tidak taat puasa, dan perbuatan menyimpang lainya  atau tidak baik hubungannya dengan tetangga atau kerabat dekatnya, maka sebaiknya berhati-hati agar selamat dari hal-hal buruk saat membina rumah tangga kelak.

4.  Sederhana

Memilih istri yang memiliki gaya hidup sederhana adalah hal yang tak kalah pentingnya. Wanita yang suka pamer dan tidak sederhana menunjukan kalau ia tidak percaya diri; ada kekurangan yang dia punya dan ingin menutupinya dengan memamerkan sesuatu yang lebih darinya. Seorang istri yang baik mampu bersikap sederhana dan tentu saja bisa menghemat harta kekayaan suami.

5. Dewasa

Mencari jodoh yang bijaksana dan bersikap dewasa, merupakan dambaan suami pada saat kesusahan di dalam rumah tangga. Mereka memiliki karakter keibuan yang senang bermain dengan anak kecil, bisa menggendong bayi, menunggu mereka tidur, dan sebagainya. Perempuan tersebut akan menjadi seorang ibu yang tampak spesial di dalam rumah tangga.

6. Sabar

Memilih istri yang baik, berkarakter sabar dan berjiwa besar. Beberapa perilaku wanita kerap membuat pria terganggu, hal ini lah yang kerap menyebabkan perselisihan. Pada kesalahan-kesalahan kecil usahakan untuk dibicarakan secara baik-baik, tak perlu emosi. Suami akan lebih mudah mendengarkan wanita dalam nada yang lembut. Coba perhatikan cara wanita itu berbicara kepada teman-temannya. Apakah dia selalu suka bernada keras, teriak-teriak, atau malah sopan dan selalu lembut dalam berucap? Sifat inilah yang mencerminkan di mana mereka berbicara dengan suami dan keluarganya kelak.

7. Mandiri

Memilih calon istri yang mandiri, bahkan bisa bekerja dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan usahanya sendiri adalah sangat direkomendasikan. Mereka akan meminjamkan bahunya ketika suami membutuhkan. Merupakan salah satu ciri-ciri wanita yang agak susah dicari. Karena mereka telah terbiasa dengan tradisi di mana suami yang mencari uang. Dan ketika masa sulit, biasanya wanita tidak terbiasa bekerja keras untuk keluarga.

8. Cerdas dan Enak Diajak Diskusi

Memiliki istri yang cerdas punya berbagai cara agar membuat sang suami tidak merasa bosan ketika berada di dekatnya. Ia akan selalu memberikan kejutan kecil yang mungkin tak pernah diduga sebelumnya. Seorang wanita yang cerdas tentunya juga memiliki wawasan yang luas tentang kecantikan dan kesehatan, bahkanmodel baju terbaru. Para pria tentunya akan sangat senang jika memiliki lawan bicara yang bisa merespons dengan baik topik yang dibicarakan.

9. Harta

Setiap laki-laki perlu memperhatikan aspek ini sebagai tolok ukur dalam menilai perempuan yang menjadi calon istrinya agar terhindar dari keadaan yang tidak diinginkan kemudian saat berumah tangga. Uang bukan segalanya, akan tetapi banyak kegagalan berumah tangga karena kesulitan ekonomi. Namun untuk hal yang satu ini bukanlah faktor utama karena uang dan kekayaan bisa dicari dengan cara kerja keras atau berbisnis. 

10. Mencintai Suami Apa Adanya

Masing-masing suami yang memiliki istri yang hebat akan menganggap pasangannya yang membuatnya ingin menjadi orang yang lebih baik. Tak perlu muluk-muluk untuk membuatnya merasa demikian. Hal tersebut terjadi begitu saja tanpa disadari. Istri yang mencintai suami dengan sungguh-sungguh, apa adanya dan tanpa rekayasa terbilang langka, meski sekilas terlihat mudah. Boleh jadi wanita itu sangat cinta kepada suami karena kondisi ekonomi dan kesehatan suami yang sedang membaik, tapi pada keadaan sebaliknya, kesetiaan seorang istri teruji. Yang perlu digaris-bawahi, kesetiaan seorang istri cenderung diuji ketika ekonomi suami memburuk.

11. Penurut

Secara tak sadar kadang sifat pria berubah sesuai dengan keinginan istrinya. Sifat-sifat dan kebiasaan alami pria menjadi berkurang atau bahkan hilang disebabkan pengaruh istrinya. Nah, wanita semacam ini biasanya akan dihindari pria. Pria lebih senang mempunyai istri yang menghormati dan menghargai. Intinya, dia adalah wanita yang selalu mendengarkan suami, walaupun ia tak selalu setuju dengan pendapat dan pemikirannya. Dan tentunya, ia juga tak pernah lelah berada di sisi suami ketika ia sedang membutuhkan.

12. Penyayang dan Perhatian

Memilih istri yang tepat, selalu perhatian dan memberikan cinta tanpa syarat. Pria ingin disambut dengan baik di saat ia datang dari bepergian, dan selalu disayang ketika sedang berada di rumah. Namun ada tipe pria yang ingin istrinya menjadi orang yang bisa mengubahnya setiap saat. Wanita jenis ini sangat ideal untuk pria yang peka dalam kehidupannya.

13. Menerima Orang Tua Pasangan

Mencari jodoh untuk dijadikan istri yang baik dengan karakter menyayangi orang tua pasangan atau mertua. Bukan hanya saat di pelaminan mau hormat dengan mertua, setelah itu dia tidak mau menerima bapak/ibu sang suami. Peranan seorang istri sangat besar dalam mempererat hubungan suami dengan ortunya. Bila seorang istri suka menjaga dan memelihara hubungan dengan kerabat-kerabatnya, baik dari pihaknya sendiri maupun dari pihak suaminya, jaringan hubungan kekeluargaan akan menjadi luas, sehingga memudahkan mereka untuk saling menerima dan memberi bantuan.

14. Pembakar Semangat
Pada saat suami menghadapi masalah yang nyaris membuatnya menyerah, ia membutuhkan wanita sebagai pembakar semangat. Mampu membangkitkan semangatnya untuk melakukan perubahan. Wanita yang bisa mendorong pria tetap bersemangat menjalani hidup dan mencapai impian adalah salah satu yang paling didambakan pria. Cewek tipe ini akan membuat pria tetap berpikiran positif. Dengan wanita bersifat ini, pria merasa bisa “menggapai seluruh dunia” dengan tangannya. Hal ini selaras dengan kata bijak, “Di balik setiap pria sukses selalu ada wanita yang luar biasa.”

15. Shalat Istikhoroh

Melakukan Shalat Sunnah Istikhoroh untuk memilih yang terbaik dari yang baik, karena baik menurut kita, belum tentu baik menurut Allah Taala dan juga sebaliknya. Selain itu sifat seseorang kadang berubah seiring bertambahnya usia, misalnya: diawal pernikahan tampak setia kemudian suka selingkuh setelah 5 tahun pernikahan, awalnya sabar kemudian jahat, dsbg. Hal ini bisa diantisipasi dengan Istikhoroh.
Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam rumah tangga, hendaknya mengetahui cara memilih istri yang baik, beriman dan bertakwa. Jangan mudah tertipu tampilan sepintas terhadap kecantikan, harta dan status sosial yang lebih banyak dibangkitkan oleh materi yang sifatnya sementara.


Komentar

Postingan Populer