Magang Di Hutan Alam

Sepenggal Kisah Magang Di Hutan Alam

PT. ERNA DJULIAWATI KALIMANTAN TENGAH

Magang merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan bagi mahasiwa Strata Satu. Oya saya akan sedikit membahasa keseruan magang khusus mahasiswa kehutanan saja yang saya lakukan di hutan alam dan ilmu ilmu yang kita dapat.

Pada semester akhir kuliah kita diharuskan magang dengan kurun waktu 3 bulan, dan mahasiswa diharapkan dapat mencari referensi lokasi magang yang diinginkan, jika mahasiswa tidak mencari sendiri maka di ujung waktu akan dicarikan oleh kampus.
Dengan sedikit keingintahuan kita, saya bersama 3 orang teman saya mencoba memberanikan diri mencari lokasi magang dengan menghubungi para senior yang pernah magang di hutan alam, sehingga kita bertiga bisa bertanya tanya tentang lokasi magang yang cocok dan sesuai buat kita.

Pada waktu itu kita mendapatkan referensi magang di hutan alam tepatnya di PT.Erna Djuliawati Kalimantan Tengah. Dari situ kita mencoba menghubungi pihak terkait yaitu kantor pusat maupun kantor perwakilan,setelah kita menghubungi maka kita akan langsung mengirim surat pengantar magang dan peserta magang sesuai intruksi pihak dari kantor tersebut.

Bla bla bla ....kita bertiga mendapat respon yang sangat posistif dari pihak perusahaan dan kita siap untuk mengatur jadwal keberangkatan dan mempersiapkan segala sesuatunya yang akan kita bawa ke lapangan.

Perjalananpun dimulai : Dari apartemen kos kita tepatnya Wisma Kuburan Karang Nongko Yogyakarta;
Ustad. Lugman & Hendra (ketika di bandara Jogja)

Nah mereka berdualah rekan setim dalam magang di Kaliman Tengah, mereka adalah orang-orang langka yang pernah saya temui di dunia ini, ha ha.

Perjalanan kita mulai dari jam 08:00 pagi dari jogjakarta, dari jogjakarta langsung terbang ke jakarta karna kita harus transit dulu mamen, setelah transit cuss langsung terbang Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat. Kita magang di Kalimantan Tengah tepatnya di PT. Erna Djuliawati karna kantor cabangnya di Kalimantan Barat makanya kita harus turun di Pontianak.

Tiba di Pontianak kita di sambut langsung oleh sopir pribadi dari kantor perwakilan dan kita langsung otewe ke kantor untuk proses penyambutan ke tiga kurcaci ini. Ha ha ha sangat senang rasanya. Setelah penyambutan kita di antar di mes sekitar kantor perwakilan untuk istrahat. Karna lokasi magang dari kantor perwakilan masih sangat jauh perjalanan darat masih sekitar 12 jam naek bus dan itu kita lakukan pada pagi malam hari sekitar pukul 7 malam.

Perjalananpun dimulai dan kondisi Bus yang bagus dengan AC yang dingin, tidurpun nyaman dan tak terasa pagi hari sudah sampai di lokasi penjemputan dari Bascamp lokasi magang. Perjalanna Bus masih sampai di Terminal Nanga Pinoh sekitar jam 05;30 pg.

(Terminal Nanga Pinoh Kalimantan Barat)

Di lokasi terminal sudah ada mobil penjemputan kita untuk melanjutkan petualangan ke hutan yang penuh cerita. Perjalanan selanjutkan kita menggunakan mobil Rocky 4x4 dan saya rasa sangat nyaman untuk kondisi jalan berbatu. Perjalanan kita tempuh sekitar 3 jam sampai ke Bascamp Bukit Beruang Kalimantan Tengah.

Sesampainya di Bascamp kita masih dismbut Manager Camp dan beserta para Kepala Departemen lainnya. sembari pengenalan dari perusahaan dan perkenalan dari pihak kita. Pengenalan dan penyambutan selesai. langsung kita diantar ke mes untuk melanjutkan istirahat. Aseeekan langsung istirhat kita.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan meliputi :
1. Departemen Personalia
2. Departemen Pembinaan Hutan
3. Departemen Forest Engineering
4. Departemen Maintenance & Logistic
5. Departemen Pengembangan Masyarkat Desa Hutan
    Dan komplit seluruh kegiatan ada dari awal persemaian sampai pengangkutan log kita lakukan semua. Alhamdulilah.

Dokumentasi :
Biasakan berfoto diembung sekitar perusahaan

Kalo yang ini jajaran manager lapangan saat itu, ha ha

Inilah bagian dari keseruan pulang ngantor jangan lupakan berfoto

Pelaksanaan Upacara Hut RI
Lapangan PT. Erna djuliawati.

Rekan-rekan magang dari Kehutanan Tanjungpura Pontianak Kalbar

Kondisi kamar tidur di mes yang sangat nyaman/jangan samakan hotel berbintang

Ngobrol, ngopi makan dan lain lain di pasar Pt. Erna Djuliawati

Kalo yang ini Boss Ngopi di mes perusahaan, hihih

Pentas seni saat Hut RI
Kalo ini mas mas ganteng dari instiper dan untan pontianak

Inilah kegiatan di hari minggu karna libur kita mandi disungai dan bakar singkong bersama

Berkumpul bersama ngopi bersmaa maen gitar bersama di teras mes

Salah satu kegiatan di kantor FE

Ketika pengangkutan log dari Tpn ke TPK

Kita rasakan sensasi menaiki kendaraan super jumbo ini

Kalo yang ini proses pembuatan jalur tanam sekaligus pemasangan acir

Keseruan malam hari ketika camping, ngobrol ngopi dan belajar bersama

Lokasi persemaian

Ketika kegiatan PMDH terjun langsung ke sekolah untuk berbagi ilmu

Foto bersama jajaran guru di SD Erna Djuliawati

Pose kita dibawah pohon ulin

Kalo udah tumbang ya begini huhuhu
camping ceria penataan areal kerja

Okeehh pemirsa sampai disini dulu masih banyak cerita dibalik semua itu dan tidak sanggup kallo harus posting semuanya hihi.....dilanjut lain hari..